Alamat : Jl. Babatan No. 5 RT. 05 RW. 02 Ds. Nglumbang Kec. Gurah Kab. Kediri - Jawa Timur HP/WA: 085746790756 Email : l4r45.studio@gmail.com

Saturday 2 April 2016

Memperbaiki backlight LCD Speedometer Honda CBR250R gelap

Semoga kabar agan semua makin sehat aja,
Sesuai dengan judul diatas kali ini akan ane share pengalaman memperbaiki backlight LCD speedometer digital sepeda motor Honda CBR250R, yang motornya bodinya gede gan,,,, yang kerusakannya layar LCD gelap pada waktu malam tidak kelihatan angkanya, baik odometer, speed, bensin dll, jadi ga nyaman ketika dikendarai pada waktu malam hari. Selain itu kerusakannya pada lampu indikator injection tidak berkedip sama sekali ketika awal kunci kontak di ON kan..
  

berikut bentuk speedonya gan setelah dicopot dari motor, dan setelah dicoba memakai adaptor 12 Volt, tampak layar LCD yang gelap (dilingkari garis kuning).






untuk membuka tutup belakangnya, buka 8 sekrup yang mengikat tutup tersebut, perlu diletakan pada meja yang dilapisi kain yang lembut gan, sebagai tatakan, agar tidak tergores casingnya.

setelah itu nampak gan PCB rangkaian dengan komponen SMD dengan jalur yang lumayan halus, speedometer ini memakai IC EEPROM 24SC02 seperti yang dipakai saudaranya Vario Techno.
tahap selanjutnya untuk membuka bagian LCD dengan membuka 4 buah sekrup seperti petunjuk dibawah, juga perlu meluruskan plat pengunci LCD.


Setelah bagian LCD terlepas akan nampak 4 buah LED tempel untuk backlight LCD, untuk mengecek LED tersebut dapat menggunakan AVO meter pada posisi saklar pada X1, karena pada posisi ini probe AVO meter mengeluarkan tegangan 3 Volt yang cukup untuk menyalakan LED. Jika LED tidak menyala coba balik posisi probe/kabel merah-hitam untuk mengecek LED, seharusnya akan menyala LED tersebut, jika tetap tidak menyala bisa dipastikan LED sudah mati, jadi harus diganti.
Untuk kerusakan indikator injection yang tidak menyala karena ada rembesan air dari karet tombol pada panel, inilah kelemahan speedometer yang ada tombolnya, rata-rata kerusakan karena kemasukan air yang menyebabkan alur PCB menjadi short.

untuk mengecek speedometer ini menggunakan adaptor 12 Volt, jalurnya pada foto diatas sudah ditandai lingkaran biru untuk ground/negatip, untuk jalur positip(+) ada dua jalur yaitu, lingkaran merah tegangan positip untuk backlight, hijau untuk tengangan positif MCU/rangkaian digital. jadi kedua pin tegangan positip harus mendapatkan supplay arus semua.
setelah LED diganti menggunakan solder blower dan jalur PCB yang keropos akibat air disambung kembali,  speedometer dapat dicoba dengan supplay tegangan dari adaptor 12 Volt.


setelah selesai pasang lagi gan tutupnya dengan hati-hati ya....
good luck.....

Untuk informasi lain seputar speedometer baca juga :
- Memperbaiki Speedometer CBR150 BLANK Putih saja
- Memperbaiki Speedometer Honda Vario Techno Blank
- Bongkar Speedometer Kawasaki ZX6R

No comments:

Post a Comment