Alamat : Jl. Babatan No. 5 RT. 05 RW. 02 Ds. Nglumbang Kec. Gurah Kab. Kediri - Jawa Timur HP/WA: 085746790756 Email : l4r45.studio@gmail.com

Tuesday 5 November 2013

PROGRAMER untuk IC EEPROM

Assalamualaikum gan...... semoga kabar agan-agan sehat selalu,,,,, :-)
Beberapa posting sebelumnya membahas tentang membaca IC EEPROM Speedometer Karisma dan Vario Techno, selanjutnya gue share Rangkaian Programer yang gue pakai untuk membaca IC EEPROM S24SC04 pada speedometer Vario, skema dan Software PonyProg gue dapat dari Situs LANCOS.
Rangkaian Programer ini juga dapat untuk read/write IC EEPROM type 24C02, 24C04, 24C08 pada televisi.

Berikut ini skema nya .....


Rangkaian memakai DB25 Male untuk sambungan ke komputer, CPU agan harus ada port DB25 atau LPT port , transistor BC337 bisa diganti dengan A1008 karena stok gue adanya itu, tegangan +5 Volt bisa didapat dari battery 9 Volt yang rangkai dengan IC Regulator 7805. JP1 pada skema berfungsi sebagai mode Read/write ketika dipasang. Total biaya untuk komponen tidak sampai 50rb.
Gue merangkai Programer ini menggunakan breadboard, seperti dibawah ini, walaupun tampak tidak teratur tapi rangkaian dapat bekerja dengan baik.


Langkah-langkahnya :
Buka aplikasi PonyProg yang sudah didownload dari http://www.lancos.com/prog.html, icon nya seperti ini
selanjutnya, klik >setup >Interface setup, akan muncul jendel I/O port setup

lakukan seting seperti dalam gambar, pilih paralel (karena memakai Paralel port pada CPU), EasyI2C I/O, pilih LPT1 dan OK
setelah itu klik setup > Calibration tunggu sampai muncul jendela calibration OK !

Kemudian setelah programer disambungkan ke Port DB25 pada CPU, IC EEPROM 24Cxx juga sudah di pasang pada rangkaian programer, tegangan ke battery juga disambungkan, lakukan seting device pada PonyProg seperti gambar, kemudian klik "Read device"


jika sambungan pada rangkaian sudah benar maka akan ada proses read.
Hasil read bisa di SAVE di komputer dengan klik icon save seperti gambar.


Untuk proses write yaitu buka file hex, yang telah disimpan di komputer kemudian klik write device.
Rangkaian Programer atau downloader ini bisa dimodifikasi sesuai dengan jenis IC EEPROM yang akan di read/write seperti IC 93L46 pada speedometer Karisma. 
Lebih lanjut tentang modifikasi atau penyesuaian rangkaian bisa dipelajari di situs LANCOS yaitu :  http://www.lancos.com/prog.html

Oke gan...... Selamat mencoba..... :-)

Posting terkait lainnya :
- Cara reset speedometer Honda Karisma part 2

2 comments:

  1. mas kalo mau ngrubah nilai odo mana yang harus dirubah didalam kode2 eprom ,eprom sudah berhasil di baca n banyak kode2/simbol2nya nah itu yang untuk merubah nilai odometernya yang mana?? sebelumnya terima kasih bila berkenan menjawab ./\.

    ReplyDelete
  2. Kunjungi email saya klu mau tau spurno16@gmail.com

    ReplyDelete